Judul Buku : The Philosophy Of Mathematics Education
Materi : Bab 12 (Matematika, Nilai Dan Kesempatan Yang Sama)
Pertanyaan :
1.
Apa bukti dari
rendahnya partisipasi ras atau etnis tertentu terhadap matematika? Mengingat
matematika adalah pelajaran utama yang wajib ada pada semua jenjang pendidikan.
(Ita Mafajatul Aliyah)
2.
Di dalam matematika
terdapat
masalah tentang pemisahan kesempatan partisipasi antara pria dan wanita.
Apakah yang menyebabkan hal tersebut terjadi? Dan bagaimana filsafat
mengatasinya? (Davi Ariyanti)
Jawaban:
1. Di Inggris, siswa dari kelompok etnis minoritas tertentu
kurang sukses dalam pendidikan. Sebagai contoh, sebuah studi dari 3000 siswa di
empat daerah perkotaan menemukan bahwa beberapa anak dari kelompok hitam jauh
di bawah rata-rata dalam memasuki Sekolah Menengah untuk matematika. Namun
temuan-temuan tersebut tidak dapat disimpulkan untuk seluruh kelompok etnis.
Untuk masalah prestasi rendah dari tiap sekolah dan wilayah bervariasi, serta
adanya faktor status sosial ekonomi dan faktor-faktor lainnya. Dapat disajikan
hasil bahwa banyak siswa etnis minoritas tidak ditawarkan kesempatan yang sama
untuk belajar di sekolah-sekolah Inggris.
2.
Penyebab kurangnya
kesempatan yang sama antara laki-laki dan perempuan adalah adanya pandangan
negatif bahwa kemampuan matematika wanita lebih rendah dibandingkan dengan
laki-laki dan memperkuat persepsi bahwa matematika merupakan subjek laki-laki,
kerja yang dibayar lebih rendah bagi perempuan yaitu Posisi perempuan dibayar secara tidak proporsional dan pekerjaan di bawah status yang
lebih rendah yaitu
ketidaksetaraan gender dalam masyarakat. Konsekwensinya
adalah rendahnya pencapaian kemampuan wanita terhadap matematika dan
partisipasinya. Hal ini juga menunjukkan bahwa masalahnya bukan hanya
pendidikan, tetapi juga ada dalam bidang sosial. Dengan demikian masalah
kesempatan yang sama dalam matematika adalah bukan hanya bahwa kesempatan yang
hilang bagi kelompok etnis minoritas dan perempuan. Pandangan absolutis
matematika menciptakan masalah bagi semua. Mendasari
pandangan netral matematika adalah perspektif budaya dan nilai-nilai yang
mendominasi budaya ilmiah Barat. Ini adalah budaya rasionalitas, yang alasan nilai
tapi mencemarkan perasaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar