Model pembelajaran berbeda dengan strategi pembelajaran, metode
pembelajaran, dan prinsip pembelajaran. Model pembelajaran meliputi suatu
pembelajaran yang luas dan mneyeluruh. Ismail dalam Rachmadi menyebutkan bahwa
istilah model pembelajaran mempunyai empat ciri khusus yang tidak dimiliki oleh
strategi ataupun metode pembelajaran, yaitu sebagai berikut:
a.
Rasional teoritik yang
logis disusun oleh penciptanya.
b. Tujuan
pembelajaran yang hendak dicapai.
c. Tingkah
laku mengajar yang dilakukan agar model tersebut berhasil.
d.
Lingkungan belajar yang
diperlukan agar tujuan pembelajran tercapai.
Secara
istilah, menurut H. Muzayyin Arifin “Model yaitu alat gaya atau cara untuk
mencapai tujuan yang ditetapkan. Sedangkan, Joyle dan Weil berpendapat bahwa
model pembelajran adalah suatu rencana atau pola yang dapat digunakan untuk
membentuk kurikulum, merancang bahan-bahan pembelajran, dan membimbing
pembelajaran dikelas atau yang lain.
Pembelajaran
dirancang dan diterapkan dengan menggunkan model atau media yang tepat sehingga
dapat mencapai tujuan pembelajaran yang optimal. Pembelajaran pada hakekatnya
adalah proses komunikasi transaksional antara pendidik dan peserta didik dimana
proses tersebut bersifat timbale balik dan proses transaksional juga dapat
terjadi antara peserta didik yang satu dengan peserta didik yang lainnya. Oleh
karena itu, model pembelajaran yang dapat digunakan adalah yang memudahkan
hubungan transaksional tersebut dalam suatu sistem pembelajaran. Hal inilah
yang menjadi manfaat dari model pembelajaran tentunya model pembelajaran yang
difikirkan dan disiapkan secara sistematis dan tersusun dapat memudahkan prose
komunikasi transaksional antara peserta didik dan pendidik, juga terjadi antara
peserta didik dengan peserta didik.
Model
mengajar sebagai alat mencapai tujuan, maka diperlukan pengetahuan tentang
tujuan itu sendiri. Perumusan tujuan dengan sejelas-jelasnya merupakan
persyaratan terpenting sebelum seseorang menentukan dan memilih modle mengajar
yang tepat. Pemilihan modle yang tepat akan dapat membantu pendidik dalam
mencapai hasil tujuan yang dicapai yaitu dapat memberikan pemahaman yang baik
kepada peserta didik.
Jadi,
model pembelajaran adalah cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana
yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai
tujuan pembelajaran dengan mudah dan menarik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar