Sabtu, 24 Desember 2016

Dasar-Dasar Kajian Filsafat Pendidikan


Pemahaman filsafat pendidikan dalam buku ini dimulai dari pemahaman yang jernih tentang filsafat itu sendiri. Konsep-konsep dalam filsafat langsung menggunakan istilah khususnya, yakni kosmologi, etika, logika, estetika, maupun ontology.
Filsafat pendidikan merupakan bagian dari filsafat terapan. Demikian pula, konsep-konsep dalam filsafat terapan tidak menggunakan embel-embel terapan di belakangnya, tatapi langsung merujuk kepada disiplin ilmu yang dikembangkan, misalnya, filsafat pengetahuan, filsafat politik, filsafat social, dst. Jadi, istilah filsafat teoretis adalah merangkum gagasan-gagasan yang biasa diperbincangkan dalam filsafat sebagai disiplin ilmu. Demikian filsafat terapan juga dimanfaatkan untuk merangkum aneka jejak filsafat dalam lapangan ilmu lain.
1.      Pendidikan sebagai konsep
Pendidikan secara filosofis haruslah dilihat sebagai konsep. Konsep adalah hasil pengetahuan. Konsep merupakan konstruksi tentang pengetahuan yang terstruktur untuk menjelaskan segala hal. Untuk memperoleh konsep yang benar, diperlukan dua syarat yakni, konsep yang benar dan objek yang benar.
FIlsafat Teoretis
Filsafat Terapan
Objek
Masalah
Konsep
Filsafat pendidikan
Contoh persoalan yang dibahas
Ens Corporalis (Materi)
Ruang
Kosmologi
Kosmologi Pendidikan
1.      Sejak kapan penyelenggaraan pendidikan yang esensial dapat dilakukan?
2.      Di manakah penyelenggaraan pendidikan yang paling rasional?
Ens Vegetatum (Tumbuhan)
Perubahan
Logika
Logika Pendidikan
1.      Bagaimana hubungan logis masing-masing masalah filosofis tersebut di dalam penyelenggraan pendidikan?
2.      Bagaimana langkah deduksi dan induksi dalam perencanaan pendidikan?
Ens Animalis (Animal)
Perilaku
Etika
Etika Pendidikan
1.      Bagaimana penyelenggaraan pendidikan yang benar?
2.      Bagaiman sebuah pendidikan yang buruk?
Ens Rationalis
Pikiran
Ontologi
Ontologi Pendidikan
1.      Siapakah subjek yang terlibat dalam pendidikan?
2.      Apa hubungan esensi pendidikan dengan tujuan dari pendidikan?
3.      Bagaimana eksistensi pendidikan?
Ens Symbolicum
simbol
Estetika
Estetika Pendidikan
1.      Bagaimana sebuah pendidikan yang buruk?
2.      Bagaimana baiknya sebuah pendidikan dilaksanakan?
3.      Apa makna terdalam dari pendidikan?
Semua itu dalam praktisnya akan mengalami pembauran antara objek satu dengan objek yang lain. Demikian pula dalam konsep akan mengalami dialog antara satu konsep dengan konsep lainnya. Peenggolongan ini jelas didasarkan pada unsure-unsur dominan yang terdapat di dalam pengetahuan tersebut.
3.      Asas Pemeriksaan Konsep Filsafat Pendidikan
Maksudnya, asas pemeriksaan konsep adalah dasar-dasar pemeriksaan terhadap konsep filsafat. Kita harus paham bahwasanya konsep adalah struktur utuh dari ide-ide. Sebagai struktur, hal itu memiliki unsure-unsur fungsional, memiliki sistem input dna output, serta memiliki orientasi sehingga memiliki corak tertentu.
Pada intinya, pemeriksaan filsafat akan berurusan dengan pertanyaan: apa objek yang dibahas, apa metafisikanya, dan apa epistemology yang digunakan. Dengan memahami asas-asas tersebut, maka sebuah konsep filsafat bisa dilihat struktur dan sistem operasinya.
Referensi: Rohman, Saifur dan Agus Wibowo. 2016. FILSAFAT PENDIDIKAN MASA DEPAN. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar